Songket Bisa Mempengaruhi

Standard

Ketika pada saat ini songket mulai ditinggalkan oleh generasi muda sebagai penerus, ada kalangan yang berada di daerah sekitar Sukarara Lombok Tengah melakukan pelestarian yang berguna untuk menunjang dan melestarikan setiap hasil karya suku asli sasak yaitu songket. Dengan adanya pelestarian yang dilakukan sebagai langkah awal untuk mempengaruhi dunia. Bagaimana Bisa???

Jawabannya adalah, songket memiliki nilai sejarah yang di dalamnya mengandung nilai moral yang bukan hanya sekedar moral keseharian namun juga moral dan agama yang dipadukan dengan ciri khas yang tidak pernah pudar dari setiap komponen yang ada di songket tersebut.

Adapun carayang dilakukan songket untuk mengubah dunia adalah dengan memberikan berbgai macam bentuk edukasi melalui budaya sehingga apabila songket dihargai dan dilestarikan bukan hanya sebagai kain perias saja namun  digunakan sebagai alasan kenapa budaya itu menjadi acuan untuk bersikap dan berperilaku dalam kehidupan sosial sekarang ini. 

Nilai yang akan dibangun dari mencintai dan melestarikan  songket adalah menumbuhkan rasa cinta akan hasil karya ciptaan yang telah diwariskan, bukan malah meningglkan bahkan melupakan….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s